Resep Cara Membuat Bolu Gulung Kukus Batik Mini Lembut - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Bolu Gulung Kukus Batik Mini Lembut

Resep Cara Membuat Bolu Gulung

Resep bolu gulung, bolu gulung yang dalam bahasa inggrisnya yaitu swiss roll merupakan makanan kue bolu yang dipanggang. Proses pemanggangannya menggunakan loyang dangkal. Didalamnya diisi dengan selai atau bisa juga menggunakan krim mentega yang kemudian dibentuk berupa gulungan. Selain itu bolu gulung memang sudah dikenal di masyarakat. Kalau di luar negeri bolu gulung dengan jam roll atau juga jelly roll di Amerika Serikat.

Cara membuat bolu gulung digulung pada waktu masih panas karena kue masih lentur tujuannya agar supaya tidak patah karena kue maih dalam keadaan lentur. Untuk menggulung kue bisa menggunakan bantuan alas kue yaitu kertas kue dan serbet. Anda bisa memasukkan krim atau selai didalamnya pada waktu bolu gulung sudah agak dingin. Selain itu untuk mengolesi selai atau krim bisa juga pada waktu masih panas-panas sehingga untuk menggulungnya hanya sekali saja tidak perlu bolak balik menggulung lagi.
Resep Bolu Gulung, Cara Membuat Bolu Gulung
Resep bolu gulung bisa diisi dengan krim mentega namun ada beragam rasa yang bisa anda coba misalnya coklat bubuk, bubuk teh hijau atau pun vanilla. Selain krim mentega kita bisa menyisipkan beberapa variasi misalnya rasa keju, cokelat ceres, mocca, blueberry jm, stroberry jam, cokelat leleh keju dan lain sebagainya.

Cara membuat bolu gulung bisa menjadi pilihan untuk membuat kue. Selain itu bolu gulung sering dibuat sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Untuk menikmati bolu gulung yang mantap bisa menggunakan minuman sebagai sandingan seperti teh dan kopi untuk sarapan pagi atau di sore hari. Bisa kebayang kan bagaimana nikmatnya roti gulung ini. Sepertinya sudah tidak sabar untuk menikmatinya yuk kita buat. Untuk membuatnya coba simak dibawah ini.

Resep kita akan buat dengan menyiapkan beberapa bahan sebelumnya. Beberapa bahan yang bisa anda coba lengkapi adalah sebagai berikut.

Resep Bolu Gulung

Bahan Ukuran
Telur Ayam 6 butir
Tepung Terigu 70 gram
Gula Halus 90 gram
Cake Emulsifier 1 sendok makan
Buttercream secukupnya
Margarin 125 gram
Esens (Essence) Vanila 1 sendok teh
Tepung Maizena 10 gram
Susu Bubuk 10 gram
Cara membuat bolu gulung akan kita sajikan dengan step by step sebagai berikut, seperti apa.

Cara Membuat Bolu Gulung

  1. Siapkan tempat untuk mencampur semua bahan yang kemudian di kocok dengan menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi kecuali bahan margarin dan buttercream. Aduk hingga adonan mengembang.
  2. Margarin cair kita masukkan kemudian aduk hingga benar-benar rata. Ambil loyang kemudian olesi dengan margarin agar tidak lengket dan berilah kertas yang diolesi margarin.
  3. Waktunya memanggang, untuk memanggang kurang lebih sekitar 15 menit. Silahkan lihat beberapa saat hingga adonan tidak lengket. Karena nantinya akan kita proses gulung jadi pastikan benar-benar tidak lengket sehingga pada waktu kita buat gulungan hasilnya tidak patah.
  4. Waktunya mengeluarkannya dari loyang dengan menyaipak kertas roti yang baru kemudia diletakkan diatasnya. Balik loyang pada kertas baru, lepaskan secara perlahan dan hati-hati agar kulitnya tidak mengelupas.
  5. Dinginkan balik kemudian beri filling dan silahkan bentuk gulungan secara perlahan sampai benar-benar terbentuk dengan baik.
  6. Silahkan bentuk dengan sesuai motif yang anda sukai misalnya motif batik atau bentuk lurus.
  7. Apabila gulungan sudah jadi and bisa memanggangnya hingga matang.apabila meleber anda bisa memberikan keju parut pada satu sisinya dan kemudian digulung lagi.
  8. Dan akhirnya bolu gulung bisa disajikan.
Resep yang mantap untuk di coba, karena memang kue ini sangat populer dan kita temui disekitar kita. Resep bolu gulung bisa dibentuk dengan baik. Cara membuat yang begitu mudah bukan. Demikian tips kali tenntang cara membuat bolu gulung. Semoga bermanfaat baca juga artikel menarik lainnya seperti.