Resep Cara Membuat dan Bumbu Soto Ayam Madura - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat dan Bumbu Soto Ayam Madura

Resep Cara Membuat dan Bumbu Soto Ayam Madura

Soto Ayam Madura, soto yang juga terkenal dan mempunyai ciri khas tersendiri. Soto yang berasal dari ujung pulau jawa ini juga banyak diminati oleh kalangan masyarakat. Selain sate ayam yang terkenal di Madura yang merupakan ciri khas orang Madura, sajian kuah ini juga tidak kalah populer. Makanan ini disebut dengan Soto Ayam Madura, memang dari segi bahan ada yang berbeda dan khas seperti contoh taburan yang digunakan untuk soto ayam Madura adalah keripik kentang sedangkan soto khas atau di daerah lain menggunakan emping.

resep soto ayam madura, cara membuat soto ayam madura

Bagi anda yang mungkin bermain ke Madura bisa mencoba olahan soto khas tersebut. Namun, apabila belum bisa mampir kemudian ingin sekali menikmati soto ayam Madura, berikut dapur resep nusantara ingin berbagi tips bagaimana resep soto ayam Madura dan cara membuatnya.

Resep Soto Ayam Madura

Bahan Ukuran
daging ayam berkualitas baik 1 kg
air 2.000 ml
serai yang dimemarkan 1 batang
daun jeruk 3 lembar
merica bubuk 1/4 sendok teh
minyak untuk menumis 2 sendok makan
minyak untuk menggoreng secukupnya
garam 1 sendok makan
gula pasir 1/2 sendok makan
Bumbu di Haluskan
Bahan Ukuran
bawang putih 7 siung
jahe 1 cm
kemiri yang disangrai 4 buah
merica 1/2 sendok teh
kunyit yang dibakar 2 cm
Bahan Pelengkap:
Bahan Ukuran
soun diseduh dengan air panas kemudian tiriskan 50 gram
telur rebus yang dipotong-potong 3 butir
seledri diiris halus 2 batang
taoge pendek 75 gram
jeruk nipis 2 buah
kecap manis 1 sendok makan
daun bawang diiris halus 2 batang
Bahan Taburan:
Bahan Ukuran
Bawang goreng secukupnya
keripik kentang 75 gram

Cara Membuat Soto Ayam Madura

  1. Pertama yaitu merebus ayam yang sudah di bersihkan, rebus beberapa lama hingga mendidih dan ayam agak empuk. Kemudian angkat
  2. Hasil rebusan dibuat kaldu kurang lebih hingga 1.500 ml, kemudian ayam yang sudah didihkan tadi digoreng hingga berkulit. Setelah itu di suwir-suwir menjadi bagian kecil.
  3. Dilanjutkan dengan membuat bumbu, bumbu halus di atas di tumis kemudian tambahkan juga dengan serai dan daun jeruk hingga harum.
  4. Bumbu yang sudah digoreng dimasukkan ke dalam kaldu, selanjutnya tambahkan juga garam, gula pasir dan merica bubuk dan di aduk hingga rata sampai mendidih.
  5. Soto ayam Madura siap untuk disajikan.

Resep soto ayam Madura sudah jadi, untuk hidangannya bisa menggunakan mangkuk berukuran sedang. Tata bahan pelengkap kemudian ayam yang sudah di suir ke dalam mangkuk. Selanjutnya di masukkan kuah yang sudah di buat dan terakhir beri bahan untuk taburan. Wah, menggoda sekali pasti mantap sekali makanan yang satu ini.

Demikian Tips kali ini tentang memasak soto ayam madura semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi yang baik, baca juga artikel lainnya seperti dibawah ini yang tidak kalah menarik.

(Resep Soto Ayam Santan dan Cara Membuat Soto Ayam Lamongan )