Resep Nasi Uduk Kebon Kacang Asli Mantap - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Nasi Uduk Kebon Kacang Asli Mantap

Resep Nasi Uduk Kebon Kacang Asli Mantap

Nasi uduk, nasi yang terbuat dari bahan dasar utamanya yaitu nasi putih kemudian nasi tersebut di aron atau di kukus menggunakan santan yang di ambil dari parutan air kelapa yang di dalam diberi bumbu seperti kayu manis, jahe, pala, serai, merica serta berbagai bumbu pendukung lainnya sehingga nasi uduk benar-benar mantap.

Nasi uduk yang terkenal yaitu nasi uduk kebon kacang, merupakan salah satu nasi uduk yang di jual di daerah Kebon Kacang, Tanah Abang Jakarta Pusat. Tidak jarang nasi uduk kebon kacang asli menjadi perhatian dan banyak peminatnya. Di daerah Kebon Kacang memang banyak sekali tersebar warung-warung yang menjual nasi uduk yang merupakan makanan khas Betawi jadi sahabat tidak perlu khawatir kehabisan.

Sesekali apabila sempat bisa mampir untuk mencicipi kuliner nasi uduk, salah satu nasi uduk yang ramai yaitu kedai nasi uduk Zainal Fanani, banyak pelanggan yang berkunjung orang kantoran juga rela antri untuk mendapatkan nasi uduk. Terdiri dari beberapa lauk pilihan seperti yang terlihat pada kotak kaca transparan seperti paha, dada ayam, ati ampela, sate usus, tahu, tempe dan berbagai lauk lainnya.

nasi uduk,nasi uduk kebon kacang,resep nasi uduk kebon kacang,nasi uduk kebon kacang asli

Nasi uduk ini unik dengan cara penyajiannya, nasi yang dibungkus menggunakan bungkusan daun pisang sehingga aromanya lebih tajam ditambah lagi dengan diberi taburan bawang goreng yang ada di atas yang sedikit terbuka. Selain itu dengan menggunakan piring terpisah nasi uduk kebon kacang disajikan dengan bumbu kacang yang diberi sedikit kecap dan tambahan sambal sehingga rasanya maknyuss.

Selain itu yang menarik terlihat ketika membuka nasi uduk dari bungkus daun pisang. Nasi langsung buyar dan tidak lengket sama sekali, hal ini menjadi daya tarik tersendiri karena nasi uduk tidak lembek serta terasa gurih sekali.

Nasi uduk kebon kacang di di bungkus dengan ukuran kecil jadi apabila makan satu mungkin anda pasti kurang jadi sekali beli bisa lima bahkan sepuluh bungkus baru mantap. Nasi yang diolah tanpa menggunakan penyedap rasa dan menggunakan ayam kampung untuk bahannya sehingga lebih khas di lidah.

Nasi uduk kebon kacang biasanya ramai pada jam makan siang dan makan malam. Namun, bagi sahabat yang jauh dari kebon kacang juga bisa bereksplorasi sendiri dengan resep nasi uduk. Salah satu makanan Indonesia yang bisa dinikmati dan kali ini ingin share tentang bagaimana cara membuat nasi uduk silakan simak.

Resep Nasi Uduk Kebon Kacang

Bahan Ukuran
Beras 250 gram
Santan yang kental 350 ml
Bumbu :
Bahan Ukuran
Serai yang sudah di memarkan 2 Batang
Daun Salam 2 Lembar
Garam 1/2 Sendok teh
Bahan Pelengkap :
Bahan Ukuran
Tempe Goreng Secukupnya
Irisan telur dadar Secukupnya
Perkedel Kentang Secukupnya
Ayam Goreng Secukupnya
Emping Goreng Secukupnya
Kerupuk Secukupnya
Bawang Goreng Secukupnya
Sambal Secukupnya
Bumbu kacang di beri kecap sedikit Secukupnya
Pete Secukupnya

Nasi Uduk Kebon Kacang

  1. Langkah pertama untuk membuat nasi uduk yaitu dengan membersihkan beras terlebih dahulu di cuci hingga bersih kemudian beras direndam dalam air kurang lebih hingga setengah jam biarkan beras menjadi empuk.
  2. Beras yang sudah direndam tadi dicampur dengan menggunakan santan, di aduk hingga benar-benar rata.
  3. Aron nasi hingga hampir matang dan santan terserap habis, masak menggunakan api sedang. Sesekali di aduk.
  4. Apabila sudah nasi dibungkus menggunakan daun pisang kemudian kukus sebentar sampai matang. Angkat dan siap untuk disajikan.

Nasi uduk kebon kacang sudah jadi dan siap untuk disajikan, untuk penyajiannya bisa ditambahkan dengan taburan bawang di atasnya. Kemudian bisa dimakan dengan menggunakan bahan pelengkap lainnya seperti ayam, sambal, kerupuk dan lainnya sesuai dengan selera sahabat. Oke demikian tips kali ini semoga bermanfaat, jangan lupa baca juga resep rekomendasi di bawah ini yang tidak kalah enaknya.

(Resep Soto Ayam Madura dan Cara Membuat Soto Ayam Santan)