Resep Cara Membuat Nasi Uduk Rice Cooker Guri Komplit Enak Istimewa - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Nasi Uduk Rice Cooker Guri Komplit Enak Istimewa

Resep Cara Membuat Nasi Uduk

Resep nasi uduk, nasi uduk hampir sama dengan nasi kuning cuma ada beberapa yang berbeda seperti warnanya dan beberapa bumbunya. Nasi uduk merupakan jenis makanan yang terbuat dari nasi putih sebagai bahan dasarnya yang kemudian di aron dan dikukus sedemikian rupa yang dicampur dengan santan sehingga jadilah nasi uduk.

Cara membuat nasi uduk bisa dibuat di rumah, umumnya nasi uduk bisa dengan mudah didapatkan karena memang nasi ini sudah tersebar di berbagai daerah. Untuk mendapatkan nasi uduk ini biasanya ada di pagi hari dan malam hari saja sebagai menu makan malam. Nasi uduk biasanya di jual di berbagai warung seperti warung pecel lele atau warung lainnya yang memang menyediakan nasi uduk sebagai menu untuk dijual.

Resep Nasi Uduk, Cara Membuat Nasi Uduk

Resep nasi uduk yang sudah jadi tentu disajikan dengan beberapa pendamping yang pas seperti emping goreng, tahu goreng, telur goreng atau telur dadar yang sudah di iris kecil-kecil, bawang goreng, ayam goreng, mentimun dan sambal yang terbuat dari kacang. Dengan hidangan seperti itu pastinya sudah tidak sabar lagi dan penasaran ingin segera membuat dan mencicipi kenikmatan yang terdapat dalam nasi uduk ini.

Cara membuat nasi uduk dengan beberapa bumbu yang digunakan seperti pala, jahe, kau manis, daun serai, merica dan berbagai bumbu yang lainnya untuk mendapatkan nasi uduk dengan rasa yang terbaik. Seperti apa silahkan simak terus artikel ini..

Resep yang sudah membuat saya ngler akan kelezatannya, yuk waktunya kita siapkan bahan-bahannya dulu. Apa saja silahkan simak sudah saya tuliskan dengan lengkap dibawah ini.

Resep Nasi Uduk

Bahan Ukuran
Lengkuas 2 iris
Sereh 2 batang
Jahe 2 iris
Beras 1 gelas / takaran
Daun salam 2-4 lembar
Cengkeh 2-3 butir
Garam secukupnya
Pala sedikit saja
Santan 2 1/4 gelas
Cara membuat kita lanjutkan seperti apa untuk membuat nasi uduk yang enak. Simak terus ya..

Cara Membuat Nasi Uduk

  1. Beras yang sudah disiapkan silahkan di cuci dulu kemudia di tiriskan.
  2. Selanjutnya bisa dilanjutkan dengan memasak santan terlebih dahulu yang dicampur dengan rempah-rempah diatas. Untuk memasak dan menghasilkan rasa yang terbaik silahkan gunakan api sedang. Untuk perbandingannya beras dan santan yaitu satu banding dua.
  3. Apabila sudah siap silahkan masak santang hingga mengering. Selanjutnya melakukan pengukusan bisa menggunakan rice cooker ataupun microwave. Tunggu beberapa saat hingga nasi uduk benar-benar masak dengan baik.
  4. Selanjutnya anda bisa menyajikannya. Untuk menyajikan beberapa pelengkap yang perlu anda siapkan untuk menambah kelezatan nasi uduk yang mantap silahkan tambahkan bahan pelengkap dibawah ini.
Pelengkap lainnya
• Ayam goreng
• Kerupuk
• Tempe dan tahu goreng
• Bawang goreng
• Irisan tomat dan timun
• Telur rebus dibelah

Resep yang memang mantap. Dan akhirnya setelah menunggu beberapa lama nasi uduk bisa dinikmati. Resep nasi uduk bisa anda coba sendiri dirumah tentu saja sebagai hidangan keluarga ataupun kerabat anda. Sedikit variasi dari nasi kita coba siapa tahu dengan resep ini keluarga bisa menambah rasa cinta karena ibunya pinter masak. Hehehe...

Cara membuat yang tidak begitu sulit bukan. Oke sekian dulu tips cara membuat nasi uduk semoga bermanfaaat simak terus blog ini karena akan update terus dengan artikel resep menarik lainnya seperti yang sudah saya tulis sebelumnya yaitu.