Resep Cara Membuat Tempura Udang, Ikan Sayur Enak - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Tempura Udang, Ikan Sayur Enak

Resep Cara Membuat Tempura

Resep tempura, yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Tempura merupakan masakan khas asal Jepang. Tempura atau yang sering di sebut juga dengan tenpura yaitu akanan yang mengandung sayur-sayuran, makanan laut atau tanaman liar yang dicampur dengan adonan tepung terigu dan kuning telur yang di aduk sedemikian rupa dicampur dengan air dengan suhu yang dingin kemudian digoreng dengan minyak goreng dengan volume yang banyak hingga masak dan berwarna kuning muda.

Cara membuat tempura, tidaklah begitu sulit. Makanan ini sudah menjamur dan sudah sampai di Indonesia. Makanan tempura ini bisa kita temui di restoran kelas atas dan menyediakan makanan temura. Apabila anda sendang menginap di restoran besar biasanya terdapat menu ini dan anda bisa memesannya.
Resep Tempura, Cara Membuat Tempura
Resep tempura, tempura rasanya yang khas dan enak. Mungkin anda penasaran dengan makanan yang satu ini, apa sih resepnya?... untuk itu saya akan coba bahas apa saja resep unuk membuat tempura.

Cara membuat tempura sangalah mudah anda tinggal menyiapkan bahan yang diperlukan seperti tepung terigu, baking powder dan bahan lainnya yang diperlukan.

Resep, untuk membuat tempura beberapa hal yang perlu kita siapkan terlebih dahulu antara lain yaitu menyiapkan bahan. Bahan yang bisa anda siapkan antara lain sebagai berikut :

Resep Tempura

Bahan Ukuran
Tepung terigu 100 gram
Baking powder 1/2 sendok teh
Garam 1/4 sendok teh
Kuning telur 1 buah
Air dingin 200 ml
Cara membuat bisa dilihat dibawah ini setelah bahan sudah siap anda bisa lanjut ke cara memasak.

Cara Membuat Tempura

Membuat adonan :
  1. Terlebih dahulu kita buat adonan tempura dengan mengaduk tepung dalam tempat yang dicampur dengan baking powder dan garam hingga merata.
  2. Kocok kuning telur yang ditambahkan dengan air dingin bisa menambahkan es batu untuk menjaga adonan agar tetap dingin karena nantinya kerenyahan tempura udang muncul karena perbedaan suhu antara minyak goreng yang dipakai dengan adonan tepung yang dibuat.
  3. Tuangkan dan campur telur dalam adonan tepung, kemudian aduk dengan sumpit sampai kurang lebih 10 kali. Telur dan tepung tidak perlu di aduk dengan rata, anda tidak perlu khawatir apabila masih terdapat tepung yang menggumpal karena apabila adonan diaduk terlalu banyak justru hal tersebut yang tidak akan membuat renyah.
Cara Menggoreng Udang :
  1. Untuk menggoreng udang anda bisa mencapur tabur sedikit tepung maizena di atas udang yang bersih.
  2. Kemudian celupkan udang dalam adonan di balik-balik hingga seluruh bagian dari udang terlumuri adonan tepung dengan baik kecuali pada bagian ekornya.
  3. Goreng udang dengan kurang lebih 2-3 menit sampai udang berwarna keemasan, untuk menggoreng udang gorenglah dengan banyak minyak panas.
  4. Apabila anda ingin tempura udang yang mempiliki kulit yang banyak, anda bisa memasukkan atau menuangkan tepung adonan tepung tambahan di atasnya setelah itu udang digoreng selama 5-7 detik.
  5. Angkat udang taruh di atas tissue agar minyaknya terserap oleh tissue. Udang sudah di buat dan bisa anda sajikan kepada keluarga anda tercinta.
Resep, untuk membuat tempura udang dengan renyah. Pada waktu menggoreng silahkan gunakan minyak yang banyak sehingga udang terendam dengan baik kedalam minyak. Resep tempura untuk menggoreng agar benar-benar renyah anda harus menggoreng udang ini dengan keadaan panas. Untuk menggoreng jangan terlalu banyak pada waktu menggoreng secara bersamaan seingga udang bisa masak dengan baik dan rata.

Selain itu adonan di atas cara membuat tempura udang anda juga bisa berkreasi dengan tempura yang lainnya misalnya seperti sayuran dan lain sebagainya. Demikian tips kali ini bagaimana cara membuat tempura. Semoga bermanfaat, banyak juga artikel lainnya pada blog ini tentang resep menarik lainnya seperti.