Resep Cara Membuat Timlo Solo Asli Komplit - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Timlo Solo Asli Komplit

Resep Cara Membuat Timlo Solo

Resep timlo solo, merupakan makanan sejenis sup dengan berbagai komponen bahan yang membuatnya menjadi terasa mantap. Beberapa komponen yang berperan penting dalam resep timlo ini seperti kembang tahu, telur atau daging. Untuk daging bisa daging ayam ataupun daging sapi sebagai isinya sehingga membuat timlo solo terasa nikmat.

Cara membuat timlo solo, timlo ini sangatlah beraneka ragam dengan berbagai variasi tertentu. Timlo yang memang paling terkenal berasal dari kota Solo. Timlo memang sudah tersebar di berbagai daerah namun salah satu yang memang sangat dikenal oleh orang memang di Solo. Jadi apabila anda bermain-main ke kota Solo atau sedang lewat silahkan bisa menikmati makanan timlo ini. Selain itu bisa sebagai koleksi kuliner anda.
Resep Timlo Solo, Cara Membuat Timlo Solo
Resep timlo solo memang patut untuk dicoba karena memang rasanya yang lezat. Resep ini bisa anda sajikan pada keluarga dan kerabat tercinta. Rasa yang memang menggugah selera bahan-bahan yang digunakan untuk resep ini juga mudah untuk didapatkan.

Cara membuat timlo solo bisa anda buat sendiri dirumah. Karena kita akan coba bahas tentang resep timlo solo ini seperti bahan apa saja yang dibutuhkan seperti sosis, ampela ayam, jahe merica bubuk dan berbagai macam bahan lainnya yang bisa anda coba sebagai berikut ini.

Resep, untuk membuatnya anda perlu menyiapkan bahannya terlebih dahulu. Baha sapa saja yang dibutuhkan antara lain berikut ini :

Resep Timlo Solo

Bahan Ukuran
Sosis solo 8 buah
Hati ampela ayam 8 pasang
Air 500 ml
Bwang putih dihaluskan 3 siung
Garam 1/2 sendok teh
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Jahe dimemarkan 2 cm
Daun jeruk di buang tulangnya 4 lembar
Bahan Telur Pindang:
Bahan Ukuran
Telur ayam 4 butir
Daun jambu biji 7 lembar
Daun salam 2 lembar
Daun jati 2 lembar
Garam 1/2 sendok makan
Air 1000 ml
Bahan Kuah:
Bahan Ukuran
Air 2.000 ml
Daging tetelan 400 gram
Bawang putih diiris tipis 4 siung
Bawang merah 6 butir
Daun bawang 1 batang
Garam 2 sendok makan
Merica bubuk 1 sendok teh
Gula pasir 2 sendok teh
Minyak untuk tumis 1 sendok makan
Bawang merah goreng (taburan) 4 sendok makan
Cara membuat akan kita bahas di bawah ini setelah anda menyiapkan bahan di atas secara lengkap. Yuk bagaimana cara memasaknya silahkan simak..

Cara Membuat Timlo Solo

Cara membuat Timlo Solo ini cukup mudah. Ikuti langkah langkah berikut ini:
  1. Untuk membuat timlo solo pertama-tama bisa rebus dulu hati ample ayam, bawang putih, merica bubuk, garam, jahe dan jeruk sampai matang kemudian angkat dan tiriskan.
  2. Membuat pindang telur : Kemudian rebus juga telur, daun salam, daun jati, garam dan air yang dimemarkan dan di rebus sampai terlihat kecokelatan.
  3. Membuat kuah, rebus daging tetelan dengan air hingga empuk.
  4. Panaskan minyak di wajan hingga agak panas kemudian masukkan bawang putih dan bawang merah dan ditumis hingga harum kemudian diikuti dengan menuangkan rebusan ke dalam daging.
  5. Silahkan masukkan merica bubuk, garam, dan gula pasir masak hingga matan kemudian tambahkan irisan daun bawang dan aduk hingga rata.
  6. Tahap penyajian, tata dulu hati ampela, sosis solo, dan potongan telur pindang yang kemudian di siram dengan kuah yang ditaburi dengan bawang goreng merah.
Resep tersebut bisa anda sajikan bersama keluarga dan kerabat tercinta bisa juga sebagai tambaan koleksi resep masakan anda. Karena memang resep timlo solo sangatla lezat dan nikmat unuk dicoba.

Cara membuat sudah saya sajikan diatas, anda bisa menambahkan dengan variasi anda sendiri agar supa terliha lebih cantik dalam tatanan penyajian lainnya. Demkian tips cara membuat timlo solo semoga bisa bermanfaat tidak lupa silahkan baca artikel menarik lainya yang sudah saya tulis sebelumnya berikut ini seperti.