Resep Cara Membuat Tumis Jamur Tiram, Jamur Kancing Mantap - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Tumis Jamur Tiram, Jamur Kancing Mantap

Resep Cara Membuat Tumis Jamur

Resep tumis jamur yang akan di bahas pada artikel kali ini. Tumis jamur yang sering kita temui pada menu makanan sehari-hari ini memang menggungah selera. Selain rasanya yang memang enak bahannyapun mudah di dapat. Bahan utamanya untuk membuat tumis jamur adalah jamur tiram.

Cara membuat tumis jamur sangat mudah sekali. Jamur tiram yang juga bisa disebut dengan pleurotus ostreatus yang merupakan jamur pangan dimana tumbuhan ini mempunyai ciri-ciri yang umumnya berwarna putih hingga berwarna krem, bagian tengahnya agak cekung dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran yang mirip cangkang tiram.
Resep Tumis Jamur, Cara Membuat Tumis Jamur
Resep tumis jamur saya pilih karena memang jamur tiram ini mempunyai banyak kandungan gizi di dalamnya antara lain protein, air, karbohidrat, kalsium, vitamin B1, vitamin b2 dan vitamin C. Wah banyak kan tentu kadungan gizi ini sangat baik untuk keperluan gizi pada tubuh anda dan baik untuk dikonsumsi dan oleh sebagai tumis jamur.

Jamur tiram bisa anda jumpai hampir di sepajang tahun di hutan atau pegunungan yang memang mempunyai hawa yang sejuk. Tumbuhan ini tumbuh bertumpuk yang terdapat pada permukaan batang pohon yang melapuk atau pohon yang sudah ditebang karena memang jenis jamur ini merupakan jamur kayu. Selain itu jamur tiram ini sudah banyak dibudidayakan oleh masyarakat karena memang mempunyai banyak manfaat yang terkandung didalamnya dan bisa pasarkan sehingga juga mampu sebagai penggerak ekonomi.

Cara membuat tumis jamur bisa anda coba sendiri dirumah untuk hidangan makanan bersama keluara tercinta. Tumis jamur dibuat dengan berbagai macam bumbu di dalamnya seperti bawang putih, cabe, tomat, kaldu ayam dan selengkapnya bisa anda lihat pada bagian bahan yang akan saya jelaskan.

Resep akan kita buat dengan mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu bahan apa saja yang diperlukan simak dibawah ini.

Resep Tumis Jamur

Bahan Ukuran
Jamur tiram 200 gram
Bawang putih 4 siung
Cabai hijau 4 buah
Tomat merah 1 buah
Daun bawang 2 batang
Kaldu ayam bubuk 1 sendok teh
Garam Secukupnya
Gula Secukupnya
Air Secukupnya
Minyak goreng Secukupnya
Lada bubuk Secukupnya
Cara membuat, setelah bahan terkumpul kita siap untuk membuat jamur ini. Untuk cara membuatnya sangatlah mudah silahkan simak berikut ini.

Cara Membuat Tumis Jamur

  1. Ambil penggorengan tuangkan minyak untuk menumis bahan bawang, yang ditambahkan cabe hijau dan tomat kemudian aduk hingga rata.
  2. Setelah harum masukkan jamur tiram aduk hingga rata. Kemudian masukkan air secukupnya dan masak hingga jamur tiram berubah warna menjadi agak layu.
  3. Masukkan bumbu kaldu bubuk ayam, garam, gula, merica bubuk, kemudian aduk hinga rata.
  4. Masukkan daun bawang aduk sebentar kemudian angkat dan tumis jamur siap untuk dihidangkan.

Resep yang begitu mantap sudah anda buat dan siap untuk dihidangkan. Jamur tiram selain mempunyai kandungan gizi yang baik untuk tubuh ternyata juga mempunyai banyak manfaat antara lain sebagai makanan, menurunkan kolestrol dalam tubuh, sebagai anti bakteri antitumor, jamur tiram ini juga bisa menghasilkan enzim hidrolisis dan enzim oksidasi, berguna juga untuk membunuh nematoda jadi memang banyak sekali manfaatnya.

Resep tumis jamur ini juga mempunyai manfaat bagi kesehatan karena jamur ini juga dipercaya sebagai obat penyakit seperti lever, diabetes dan anemia.

Begitu banyak manfaat dari masakan jamur. Di atas juga di ulas bagaimana cara membuat masakan jamur yang enak. Demikian tips kali ini tentang bagaimana cara membuat tumis jamur semoga bisa menjadi tips yang berguna dan referensi bagi kuliner anda. Baca juga artikel menarik lainnya yang sudah di tulis di blog ini seperti.