Resep Cara Membuat dan Bumbu Singkong Goreng Keju Renyah - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat dan Bumbu Singkong Goreng Keju Renyah

Resep Cara Membuat dan Bumbu Singkong Goreng Keju Renyah

Singkong goreng adalah salah satu cara memasak singkong menjadi makanan yang enak dan mantap. Singkong di bersihkan kemudian di beri bumbu dan di goreng sehingga menjadi renyah. Untuk membuat singkong goreng menjadi renyah salah satu caranya yaitu di rebus. Mungkin sebagian kita langsung menggoreng begitu saja sehingga hasilnya kurang renyah. Kalau langsung di goreng kurang begitu pas, karena minyak goreng tidak mampu membuat renyah hingga bagian dalam. Apalagi singkong yang dikupas tebal dan berbentuk kotak.

Jadi di rebus terlebih dahulu merupakan langkah yang tepat untuk menghasilkan singkong goreng yang renyah. Selain itu apabila di rebus terlebih dahulu bumbu yang dicampur bisa masuk ke dalam sehingga apabila sudah masak dan dimakan bumbu akan terasa.

singkong goreng,resep singkong goreng,cara membuat singkong goreng,singkong goreng keju,resep singkong goreng keju,bumbu singkong goreng,resep singkong goreng renyah

Resep singkong goreng terbuat dari singkong, orang juga banyak menyebutnya dengan ketela pohon atau juga ubi kayu. Yang di mana umbinya digunakan sebagai makanan pokok karena menghasilkan dan mengandung karbohidrat. Selain itu daunnya juga bermanfaat dan bisa dimakan untuk sayuran. Singkong goreng biasa dimakan begitu saja, cocok buat teman pas lagi bersantai misalnya lihat televisi, kemudian buat camilan atau yang lainnya. Singkong goreng kali ini kita buat dengan menggunakan keju sebagai variasi sehingga lebih nikmat dan mantap untuk dicoba.

Singkong biasanya di olah dengan berbagai variasi seperti dibuat keripik, dan bisa juga dibuat tape. Pada kesempatan kali ini dapur resep nusantara ingin berbagi bagaimana cara membuat singkong goreng yang renyah. Silakan baca terus, berikut bahan, bumbu dan cara pembuatannya.

Resep Singkong Goreng

Bahan Ukuran
Singkong yang sudah dipotong 500 gram
Bawang putih yang sudah dicincang kasar 5 siung
Garam 2 1/2 sendok teh
Air untuk merebus 850 ml
Tepung bumbu serbaguna siap pakai untuk pelapis 40 gram
Minyak untuk menggoreng Secukupnya
Ketumbar bubuk 1 sendok teh
Baking powder 1 sendok teh
Bahan Taburan :
Bahan Ukuran
Keju cheddar yang di parut 50 gram

Cara Membuat Singkong Goreng

  1. Singkong di cuci bersih terlebih dahulu kemudian di potong sesuai dengan keinginan. Singkong kemudian direbus dengan bumbu bawang putih, baking powder, ketumbar bubuk dan terakhir garam hingga matang dan melepuh. Apabila sudah bisa di angkat kemudian biarkan dingin.
  2. Singkong yang sudah dingin kemudian di campur dengan tepung bumbu serbaguna yang digunakan untuk pelapis.
  3. Kemudian singkong siap untuk digoreng yang sebelumnya memanaskan minyak. Goreng hingga berubah warna menjadi agak kuning. Apabila sudah bisa kemudian diangkat.
  4. Terakhir taburi dengan keju cheddar yang diparut dan sajikan.

Singkong mempunyai kandungan gizi yang baik untuk dikonsumsi bagi tubuh antara lain seperti kalori, air, fosfor, karbohidrat, kalsium, vitamin, protein, besi, lemak, dan vitamin B1. Demikian cara membuat singkong goreng yang bisa anda coba di rumah sendiri. Selain di rebus pilihlah singkong yang berkualitas baik misalnya singkong baru di panen dan belum lama dibiarkan, singkong dalam keadaan baik, pilih juga singkong yang sudah tua namun jangan terlalu tua biasanya terlihat serat itu kurang baik. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

(Resep Nasi Uduk Kebon Kacang Cara Membuat Soto Ayam Madura )