Resep Cara Membuat Kue Ku Kacang Hijau - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Kue Ku Kacang Hijau

Kue ku merupakan kue yang unik. Keunikan kue ku bisa dilihat dari penampilannya. Dengan penampilan berwarna merah membuat kue ku semakin menarik hati. Warnanya yang begitu mencolok berwarna merah serasa seperti buah yang sedang matang. Simak terus resep kue ku..

Kue ku tidak jarang di temui di sekitar kita. salah satu tempat favorit yang ramai menjual kue ku adalah pasar tradisional. Coba saja lihat ke samping kiri kanan pasti anda akan menemui kue yang satu ini. Karena memang kue ini merupakan jajanan pasar yang cukup murah meriah dan rasanya enak.

kue ku,resep kue ku,cara membuat kue ku

Selain itu kue ku tidak hanya dilihat dari penampilannya yang unik. Namun, isinya juga tidak kalah dengan bagian luarnya. Isi yang digunakan rata adalah kacang hijau yang di olah dan dihaluskan sehingga ketika dimakan rasanya manis.

Tidak jarang kue ku banyak digemari oleh masyarakat. Kalau anda penasaran tentang bagaimana cara membuat kue ku. Kebetulan sekali karena kali ini sengaja saya bahas mengenai resep kue ku. Jadi anda bisa perhatikan bahkan di coba sendiri di rumah untuk suguhan keluarga tercinta.

Yang perlu di perhatikan dalam pembuatan resep kue ku adalah pada bagian bawah kue. Anda bisa mengolesi minyak sedikit agar tidak lengket dan lebih enak di makan. Apa saja baha-bahan yang digunakan silakan simak berikut ini.

Resep Kue Ku Bahan Kulit

Bahan Ukuran
Tepung ketan 225 gram
Kentang dikukus kemudian dihaluskan 75 gram
Gula tepung 50 gram
Santan hangat 135 ml
Garam 1/2 sendok teh
Pewarna merah cabai 2 tetes
Pewarna hijau tua 3 tetes
Bahan Isi
Bahan Ukuran
Santan dari 1/2 butir kelapa 200 ml
Kacang hijau kupas direndam selama 1 jam 100 gram
Daun pandan 1 lembar
Gula pasir 50 gram
Garam 1/4 sendok teh

Cara Membuat Kue Ku

  1. Kita buat isinya terlebih dahulu yaitu dengan mengkukus kacang hijau yang sudah disiapkan hingga matang dan mekar. Untuk proses ini kurang lebih membutuhkan waktu 20 menit.
  2. Selanjutnya kacang hijau di blender di campur dengan santan. Tambahkan juga dengan garam, gula pasir serta daun pandan untuk aroma yang lebih mantap. Setelah selesai adonan siap untuk di masak menggunakan api kecil sampai kalis. Dinginkan, setelah itu bentuk menjadi bola-bola kecil kemudian sisihkan.
  3. Tahap berikutnya membuat kulit. Untuk pembuatan kulit ini di mulai dari mencapr tepung ketan, kentang, gula tepung serta garam dan aduk hingga rata. Selagi mencampur tambahkan juga santan perlahan sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga kalis.
  4. Adonan yang sudah jadi kemudian di ambil sepertiganya untuk diwarnai. Warnai dengan merah cabai dan aduk rata. Dan sisanya di warnai juga dengan warna lain yaitu hijau. Uleni hingga rata.
  5. Ambil kedua adonan yang sudah diwarnai hijau dan merah sedikit saja. Letakkan bersebelahan untuk di bulatkan, pipihkan kemudian beri dengan isi yang sudah di buat pertama kali tadi. Setelah itu masukkan dalam cetakan kue ku yang di taburi tepung ketan dan padatkan.
  6. Setelah selesai bisa di keluarkan dari cetakan dan letakkan pada daun pisang yang sebelumnya sudah di olesi dengan sedikit minyak.
  7. Tahap berikutnya proses pengkukusan. Kukus adonan yang dibuat dengan api sedang kurang lebih hingga 12 menit. Pada setiap 2 menit buka kukusannya.
  8. Dalam keadaan masih panas olesi dengan minyak titip-tipis saja.
Dengan membuat kue ku sendiri setidaknya rasa penasaran anda sudah bisa terobati. Selain itu juga hasil kue yang sudah di buat bisa dinikmati bersama dengan keluarga. saya yakin pasti suka karena penampilannya yang menarik dan rasanya yang tidak kalah enak.

Silakan coba sendiri dirumah, resep kue ku ini bisa sering-sering di sajikan. Karana cara pembuatannya juga tidak begitu sulit. Hanya membutuhkan beberapa bahan yang sederhana juga sudah bisa di buat. Demikian resep kue ku kali ini sedikit dari saya semoga bisa menemani keceriaan anda bersama denan keluarga. Selama mencoba.