Resep Ayam Goreng Mentega Lada Hitam - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Ayam Goreng Mentega Lada Hitam

Olahan ayam memang tidak ada habisnya, seperti olahan ayam lada hitam. Giliran resep ayam lada hitam yang akan kami sajikan buat anda..

Sengaja kami sajikan resep ayam lada hitam karena memang resep lainnya dari ayam sudah biasa. Kini resep ayam lada hitam begitu populer yang awalnya ayam goreng saja yang begitu terkenal. Namun, seiring perkembangannya bumbu yang digunakan untuk meracik olahan ayam menjadi lebih spesial yaitu ayam lada hitam.

Ayam goreng lada hitam ini begitu lezat karena di goreng dengan mentega kemudian ada rasa pedas dari bumbu lada hitam. Tentu akan membuat anda lebih tergoda dan memang rasanya lebih mantap dari biasanya. Bumbu yang digunkan lebih meresap sehingga ketika menggigit daging rasanya begitu menyatu dengan daging ayam.

ayam lada hitam, resep ayam lada hitam

Untuk menghindari bau amis yang biasa sering terjadi ketika mengolah ayam kita sebelumnya rendam dulu dengan perasan jeruk lemon. Selain itu tercipta kesegaran dari perasan jeruk ini sehingga lebih mantap.

Selain itu ayam goreng lada hitam ini di beri taburan daun bawang sehingga tampilannya lebih cantik. Anda pasti tergoda, kalau tidak percaya silakan coba sendiri dirumah :). Saya yakin keluarga tercinta anda akan sedang dan bisa menambah keceriaan dan kebersamaan. Resep ini bisa anda simpan untuk koleksi menu dirumah tentunya.

Resep Ayam Lada Hitam

Bahan Ukuran
Ayam yang dipotong menjadi 12 bagian 1/2 ekor
Garam 1/2 sendok teh
Air jeruk lemon 1 sendok teh
Bawang bombay kemudian diiris panjang 1 buah
Kecap asin 1/2 sendok makan
Bawang putih dan dicincang kasar 2 siung
Kecap manis 4 sendok makan
Garam 1/2 sendok teh
Merica hitam ditumbuk kasar 2 sendok teh
Daun bawang dipotong sekitar 2 cm 1 batang
Gula pasir 1 sendok teh
Margarin yang digunakan untuk menumis 75 gram
Air 60 ml
Minyak untuk menggoreng Secukupnya

Cara Membuat Ayam Lada Hitam Mentega

  1. Siapkan air jeruk lemon yang di campur dengan garam yang akan di gunakan untuk merendam daging ayam. Diamkan hingga beberapa lama kurang lebih sekitar 15 menit.
  2. Setelah di rendam panaskan minyak dengan api sedang. Setelah panas goreng ayam yang direndam tadi hingga matang. Angkat dan sisihkan.
  3. Siapkan margarin dan panaskan untuk menumis bawang bombay serta bawang putih hingga wangi harum.
  4. Selanjutnya masukkan daging ayam disusul dengan gula pasir, merica hitam kasar, garam, kecap manis, kecap asin serta air. Biarkan dan masak hingga matang sampai meresap sempurna.
  5. Apabila sudah menjelang di angkat jangan lupa untuk di taburi dengan daun bawang di atasnya. Aduk rata kemudian angkat.
  6. Ayam lada hitam siap untuk di sajikan.
6 Porsi untuk keluarga saya rasa cukup, apabila memang dirasa kurang silakan tambahkan takaran bahan-bahan yang digunakan untuk resep ayam lada hitam di atas sesuai kebutuhan. Dan akhirnya setelah menunggu beberapa lama matang juga ayam goreng lada hitam ini. Rasanya begitu istimewa, saya harap anda juga bisa memasaknya dirumah. Demikian semoga berhasil selamat mencoba.