Resep Cara Memasak Ati Ampela Pedas Enak - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Memasak Ati Ampela Pedas Enak

Ada ati ampela dirumah, coba masak oseng mercon berikut kami paparkan resep ati ampela dan cara memasak ati ampela yang menggoda selera.

Dimasak pedas merupakan salah satu resep ati ampela yang banyak diminati. Tentu saja bagi anda yang menyukai masakan pedas ini merupakan resep yang spesial. Apalagi anda tergolong pecinta kuliner dengan citarasa pedas. Kami akan buat ati ampela ini spesial buat anda. Masakan ati ampela atau sajian ini bisa juga disebut dengan mercon. Dinamakan mercon karena pedasnya yang menyengat sehingga menambah selera anda dan lahap.

Pastinya anda akan lahap dengan menu ini. Ati ampela ini tergolong kedalam daging jeroan. Masyarakat umumnya sering menyebutnya begitu. Memang banyak juga jeroan lainnya selain ati ada jantung, paru-paru, ginjal dan lain sebagainya. Namun, kita akan olah yang hati saja karena ini mempunyai daya tarik tersediri untuk di olah.

resep ati ampela, cara memasak ati ampela

Mendengar ati ampela, kami juga ingat sebagian masyarakat kita sering membuangnya. Entah mengapa tetapi terkadang ati ampela dianggap tidak bisa di masak atau mungkin juga dianggap tidak penting. Karena mereka belum baca artikel ini :). Bahkan ada yang beralasan tidak suka karena bukan daging seperti paha, dada dan daging ayam pada umumnya.

Padahal ati ampela juga mempunyai banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Apabila di olah dengan baik akan menjadi bahan yang sangat berguna bagi kita serta menu yang spesial untuk lauk makan. Manfaat ini juga cukup baik bagi tubuh karena kandungan di dalam ati ampela juga berperan penting. Penasaran kan bagaimana memasak ati ampela. Silakan ikuti terus artikel ini.

Resep Ati Ampela

Bahan Ukuran
Atiampela ayam direbus kemudian dipotong-potong besar 7 pasang
Tomat hijau dipotong-potong 3 buah
Daun jeruk dibuang tulang daunnya 4 lembar
Garam 1/2 sendok teh
Daun salam 2 lembar
Gula pasir 1/2 sendok teh
Serai dimemarkan 1 batang
Air 100 ml
Minyak goreng untuk menumis 1 sendok makan
Air asam yang dibuat dari 1 sendok teh asam kemudian dilarutkan dalam 1 sendok makan air 1/2 sendok makan
Bumbu Yang di Tumbuk Kasar
Bahan Ukuran
Bawang merah 10 butir
Terasi yang dibakar 1 sendok teh
Bawang putih 5 siung
Cabai rawit merah 15 buah

Cara Memasak Ati Ampela

  1. Siapkan minyak untuk menumis, kemudian tumis bumbu tumbuk kasar di atas, tambahkan juga daun jeruk, daun salam serta serai hingga harum.
  2. Masukkan juga tomat kemudian tumis hingga beberapa lama dan terlihat layu.
  3. Masukkan ati ampela dan aduk rata. Tuangkan air serta air asam dan aduk kembali. Masak hingga matang sampai bumbu meresap dalam dan tercampur sempurna dengan ati ampela.
  4. Angkat dan siap untuk di sajikan.
Resep ati ampela sudah jadi, resep ini di buat untuk 5 porsi saja. Seperti yang kami sebutkan di atas bahwa ati ampela mempunyai banyak manfaat diantaranya adalah ati ampela kaya akan vitamin A, vitamin C, viamin E, selenium dan zinc.

Jadi selain resep yang di buat tadi enak dan pedas juga bermanfaat. Sekian tips kali ini semoga anda lebih suka dengan ati ampela agar tidak di buang percuma. Selamat mencoba dan semoga berhasil.