Resep Cara Membuat Es Puter / Krim Tradisional - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Es Puter / Krim Tradisional

Resep es puter ini tergolong tradisional karena memang sudah sejak lama ada. Selain itu apabila anda berminat dengan cara membuat es krim sederhana ya bisa mencoba es puter. Karena pembuatannya manual dengan cara di puter sehingga anda bisa praktek cara membuat es krim sendiri.

Es puter sering kita temui pada pedagang kaki lima menggunakan gerobak di pinggir jalan. Gerobak di dorong kemudian di beri kentongan yang menandakan itu adalah penjual es puter. Pada umumnya es puter ini sangat populer sekali ketika dulu masih jaman sekolah kurang lebih tahun 2000an. Namun, pada saat ini masih bertahan dan masih sering sekali kita lihat dan mereka tetap menjual.

Es puter sangat enak, anak-anak suka bahkan orang dewasa juga tidak mau kalah. Es puter ini sering di sebut dengan es dung dung. Disebut seperti itu mungkin karena ciri khasnya menggunakan kentongan ketika di jajakan. Es puter bisa di kreasikan dengan beberapa aneka rasa buah dan kacang kacangan seperti buah apokad, cokelat bubuk, kacang hijau, nangka dan banyak rasa lainnya yang bisa di kombinasikan sendiri.

resep es puter,cara membuat es puter,cara membuat es krim tradisional,cara buat es krim tradisional,cara membuat es puter tradisional

Es puter ini sering kali di jual dengan roti atau kerupuk warna warni berbentuk kerucut. Roti di belah menjadi dua kemudian pada bagian tengahnya diisi dengan es puter. Kalau kerupuk bentuk kerucut esnya di letakkan di atasnya kemudian di beri cokelat jadi rasanya benar-benar lezat. Es puter di buat dengan beberapa bahan yang umum digunakan. Bahan utama dari es puter ini adalah santan kemudian di campur dengan bahan-bahan lainnya seperti gula, cokelat bubuk dan lain sebagainya.

Sering kali es puter ini dijadikan peluang usaha karena memang banyak yang berminat. Kalau anda serius anda bisa mencobanya, walaupun tidak di jual kita bisa buat untuk disajikan di rumah. Untuk itu kami sajikan resep es puter dan cara membuat es puter seperti berikut ini.

Resep Es Puter

Bahan Ukuran
Santan dari 1 butir kelapa 600 ml
Gula pasir 200 gram
Cokelat bubuk 25 gram
Vanili bubuk 1/8 sendok teh
Garam 1/2 sendok teh
Es batu 2.000 gram
Garam kasar 2 bungkus
Meises 50 gram

Cara Membuat Es Puter

  1. Pertama kita akan merebus santan di campur dengan cokelat bubuk, garam, vanili bubuk, serta gula pasir. Semua bahan tersebut di rebus hingga mendidih. Selanjutnya anda bisa memasukkan kelapa muda dan aduk rata.
  2. Hasilnya kemudian di tuangkan pada alat es puter yang mana di dalamnya sudah terisi es batu serta garam kasar pada sampingnya. Selanjutnya putar hingga beku kemudian angkat.
  3. Setelah itu bekukan kembali, dan es puter siap di sajikan bersama meises.
Untuk cara membuat es puter membutuhkan ketelatenan serta kesebaran. Karena prosesnya manual dimana kita perlu memperhatikan seperti api harus kecil ketika memasak santan. Kemudian proses pengolahan pada alat es puter yang di pinggirnya di taburi dengan pecahan es batu kemudian di beri garam. Setelah itu di puter lagi hingga es puter jadi.

Silakan apabila anda berminat tentu bisa mencoba di rumah. Es ini tidak kalah enak dengan es krim karena memang hampir mirip dengan es krim di pasaran. Demikian tips resep es krim kali ini semoga bermanfaat dan selamat berkreasi. Semoga berhasil.