Resep Cara Membuat Mangut Lele dan Bumbu Khas Jogja - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Mangut Lele dan Bumbu Khas Jogja

Punya lele jangan di goreng atau di bakar aja, coba resep mangut lele biar lebih berbeda...

Lele hidup umumnya hidup pada air tawar dan air keruh. Meskipun demikian tidak menjadikan lele sebagai jenis ikan yang menjijikkan. Bahkan mampu menarik minat masyarakat terhadap lele. Sebagian masyarakat membudidayakannya.

Lele merupakan salah satu dari sekian jenis ikan yang sering di konsumsi masyarakat. Begitu menarik dan pada umumnya mereka mengkonsumsi lele biasanya untuk di bakar ada juga yang digoreng. Terbukti apabila anda pergi ke warung-warung yang ada di jalan. Rata-rata mereka menyajikan lele sebagai lauk dari jualan mereka.

Saya akan berikan satu olahan lele yang masih jarang di coba di masyarakat. Mungkin karena mereka belum tahu resepnya sehingga terasa terdengar begitu asing. Namun, bagi anda yang pernah ke Bantul Yogyakarta tidak akan begitu. Jangan khawatir salah satu olahan lele yang menarik ini pantas untuk di coba dan saya yakin keluarga pasti suka. Resep mangut lele.

mangut lele,resep mangut lele,bumbu mangut lele,mangut lele jogja,cara membuat mangut lele

Mangut lele memang sudah menjadi kuliner tersendiri bagi masyarakat Bantul, Yogyakarta. Olahan Jawa Tengah ini tidak bisa diremahkan begitu saja. Karena saya yakin rasanya bakal membuat anda kepincut. Dagingnya empuk memang ada tulang pada bagian tengahnya. Namun, tidak menjadi masalah. Apabila anda sedang melakukan wisata atau melewati daerah sana jangan lupa mampir.

Sekilas mangut lele terlihat berwarna kuning kemudian terdapat kuah. Di atasnya terdapat potongan cabe sehingga terlihat pedas dan menarik. Tentu anda sangat penasaran dengan resep mangut lele ini. Untuk itu kami sengaja menyajikan dan memilihnya khusus buat pembaca setia dapur resep nusantara. Silakan simak resep mangut lele dan cara membuat mangut lele..

Resep Mangut Lele

Bahan Ukuran
Ikan lele kemudian dicuci bersih 4 ekor atau setara dengan 520 gram
Garam 1 sendok teh
Cabai merah besar, diiris serong 3 buah
Air jeruk nipis 2 sendok teh
Daun salam 2 lembar
Lengkuas dimemarkan 2 cm
Daun jeruk tulangnya di buang 3 lembar
Serai putihnya di ambil dan dimemarkan 1 batang
Garam 1 sendok teh
Gula merah 1 sendok teh
Santan terbuat dari 1 butir kelapa 500 ml
Minyak untuk menumis 2 sendok teh
Minyak untuk menggoreng Secukupnya
Bumbu Halus
Bahan Ukuran
Bawang merah 6 butir
Cabai merah besar 3 buah
Bawang putih 3 siung
Cabai merah keriting 3 buah
Kemiri sangrai 3 butir
Jahe 1 cm

Cara Membuat Mangut Lele

  1. Siapkan lele kemudian air jeruk nipis serta garam. Ikan lele tersebut kemudian di rendam dalam larutan air jeruk nipis yang ditambah dengan garam. Diamkan hingga 15 menit.
  2. Panaskan minyak dengan api sedang untuk menggoreng ikan. Goreng ikan hingga matang dan berubah warna.
  3. Selanjutnya tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas, serai, daun jeruk dan cabai merah besar hingga harum.
  4. Kemudian tambahkan garam, gula merah dan santan kemudian aduk rata. Masak semuanya hingga mendidih dan masukkan ikan lele. Masak hingga ikan berminyak dan kental.
  5. Angkat dan sajikan.
Selain di jadikan kuliner di daerah Bantul. Kini anda bisa menyajikkannya sendiri dirumah dengan buatan sendiri. Dengan olahan lele yang lebih bervariasi akan terasa lebih menyenangkan dan tidak mudah bosan. Sekian semoga resep mangut lele ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba...