Resep Cara Membuat Rujak Serut / Gobet Enak - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Rujak Serut / Gobet Enak

Yang gemar rujaan, kumpul kumpul ayo coba rujak serut...

Perpaduan antara rasa manis dan pedas yang begitu sempurna. Rasa manis di hasilkan dari gula merah yang tercampur dalam rujak serut. Membuat ruka serut begitu menarik hati. Jangan bilang anda belum tergoda dengan rujak yang satu ini..

Rujak serut di kenal juga dengan rujak gobet. Rujak serut yang terkenal ini juga di kenal oleh kalangan masyarakat dengan rujak gobet. Sebutan itu muncul karena cara pembuatannya dengan cara di gobet kalau dalam bahasa jawa. Buah sebagai bahan utama di gobet, kemudian di campur dengan bumbu yang telah di ulek rata. Serut itu sebutan lainnya gobet mereka yang menyebutnya seperti itu biasanya mayoritas orang Jawa.

rujak serut, resep rujak serut, cara membuat rujak serut, resep rujak serut enak

Untuk mendapatkan rujak serut yang segar tentu harus memperhatikan buah. Buah harus dipilih dengan benar. Pilihlah buah yang segar untuk hasil yang sempurna. Jangan pilih buah yang sudah agak lama dan terlihat layu. Kalau mau lebih segar lagi ambil buah yang baru di petik dari pohonnya. Baru panen maksudnya jadi kesegarannya begitu terjaga..

Rujak serut pas dinikmati ketika suasana sedang panas. Mencari tempat yang sejuk disana terdapat angin yang berhembus. Misalnya tempatnya di sawah sambil ramai ramai menikmati rujak serut. Atau bisa juga dihalaman rumah pas berkumpul dengan kerabat.

Nikmatnya rujak serut memang tiada duanya. Apabila anda gemar rujaan tentu saja rujak seperti ini sering anda buat. Namun, bagi yang belum pernah buat dan ingin membuat rujak serut yang mantap silakan simak bahan dan cara membuat rujak serut disini..

Resep Rujak Serut

Bahan Ukuran
Jeruk bali dikupas dan suwir-suwir 200 gram
Ketimun dikupas dan buang bijinya, serut 2 buah
Mangga mengkal di serut 1 buah atau 200 gram
Bengkuang di serut 100 gram
Pepaya mengkal di serut 100 gram
Kedondong di serut 2 buah
Bahan Sambal
Bahan Ukuran
Cabai rawit merah 3 buah
Terasi goreng 1/2 sendok teh
Garam 1/4 sendok teh
Gula merah 200 gram
Nanas di serut 50 gram
Kacang tanah kulit goreng 50 gram
Air asam jawa di buat dari 1 sendok teh asam jawa dan 50 ml air 1 sendok makan

Cara Membuat Rujak Serut

  1. Buat sambal dengan mengulek terasi, cabai rawit merah, garam, dan gula merah. Kemudian masukkan juga kacang tanah yang disiapkan di ulek kasar.
  2. Tambahkan nanas serta air asam jawa kemudian di ulek rata.
  3. Masukkan bahan rujak mangga, ketimun, kedondong, pepaya mengkal, bengkuang, dan jeruk bali hingga merata. Kemudian tambahkan bahan sambal aduk rata dan diamkan kurang lebih 60 menit agar bumbu meresep sempurna.
  4. Sajikan rukan serut dalam keadaan dingin.
Rujak serut memang menggugah selera dan menambah keramaian dan bisa disajikan ramai-ramai. Namun, ada yang perlu di perhatikan untuk makan rujak serut jangan terlalu pedas karena bisa sakit perut kecuali anda yang sudah terbiasa dengan pedas.

Kemudian jangan makan rujak langsung ketika perut masih dalam keadaan kosong karena dapat memicu terjadinya sakit perut. Demikian resep spesial tentang rujak serut semoga bermanfaat dan menambah keceriaan anda hari ini...