Resep Cara Membuat Rolade Daging Sederhana Praktis - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Rolade Daging Sederhana Praktis

Tampilan rolade daging yang cantik layaknya menu hidangan pesta...

Rolade daging dilengkapi dengan sayuran kemudia saus sehingga begitu menarik. Penampilannya yang seperti itu membuat orang yang melihatnya kepincut. Di atasnya terdapat sayuran yang dihias tertata begitu rapi dan cantik. Memang melihat rolade daging yang seperti itu sudah pantas orang orang menyajikannya dalam menu hidangan pesta. Bagi anda yang suka ke pesta atau menghadiri acara penting sejenis pesta rolade daging sering tampil di depan mata. Layaknya kreasi yang begitu istimewa menghiasi meja makan. Lapar jadinya...

Di beberapa tempat seperti resto atau rumah makan memang sebagian menyajikan menu ini. Memang rolade daging sudah terkenal di dalam maupun di luar negeri. Jadi tidak heran sudah menyebar ke berbagai daerah.

rolade daging, resep rolade daging, cara membuat rolade daging

Sebagian orang menyebuatnya dengan meatloaf atau rolade. Rolade dibuat dengan menggunakan daging giling dan dicampur dengan sayuran serta bumbu yang begitu pas untuk pembuatan rolade ini.

Apabila anda tergolong orang yang suka memasak. Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk masak rolade. Selain itu anda bisa berkreasi dengan sayur-sayuran kesukaan anda. Pasti akan menambah nilai dan mengasah kreativitas anda dalam membuat menu makanan yang spesial. Bagi anda yang penasaran silakan simak terus karena berikut ini bahan dan cara membuat rolade daging.

Resep Rolade Daging

Bahan Ukuran
Daging giling 300 gram
Bawang putih yang dicincang halus 3 siung
Ayam giling 75 gram
Roti tawar tanpa kulit dan disobek-sobek 2 lembar
Susu cair hangat 50 ml
Telur 3 butir
Garam 1 1/4 sendok teh
Merica bubuk 1/4 sendok teh
Pala bubuk 1/2 sendok teh
Bahan Telur Dadar
Bahan Ukuran
Telur 2 butir
Air 2 sendok makan
Garam 1/4 sendok teh
Bahan Saus
Bahan Ukuran
Bawang bombay yang diiris memanjang 1 buah
Tepung terigu 2 sendok makan
Bawang putih yang dicincang halus 2 siung
Merica bubuk 1/4 sendok teh
Garam 3/4 sendok teh
Gula pasir 1/4 sendok teh
Pala bubuk 1/4 sendok teh
Kecap inggris 1 sendok makan
Kecap manis 1 sendok makan
Kaldu daging 400 ml
Margarin untuk menumis 2 sendok makan
Bahan Pelengkap
Bahan Ukuran
Wortel, dibelah jadi 4, dipotong dengan panjang 4 cm kemudian direbus 200 gram
Buncis dipotong 5 cm kemudian direbus 150 gram

Cara Membuat Rolade Daging

  1. Pertama membuat dadar terlebih dahulu. Tipis tipis saja, dadar dibuat dari kocokan telur yang sudah di campur dengan air dan garam.
  2. Membuat rolade, caranya dengan mencampur daging giling, bawang putih, pala bubuk, merica bubuk, garam, telur, roti tawar, susu cair hangat, ayam giling di aduk rata.
  3. Kemudian ambil selembar dadar yang sudah jadi kemudian oleskan bahan rolade. Bentuk gulungan dan padatkan kemudian bungkus dalam plasting dan pada ujungnya masing-masing di ikat.
  4. Selanjutnya proses pengkukusan. Kukus adonan yang dibuat hingga matang kurang lebih membutuhkan waktu hampir setengah jam. Apabila sudah dinginkan. Berikutnya tumis dengan minyak goreng 2 sendok saja. Sisihkan.
  5. Membuat saus, panaskan margarin kemudian tumis bawang bombay serta bawang putih hingga wangi. Tepung terigu dimasukkan aduk hingga berbutir. Kecap inggris, kecap manis, merica bubuk, pala bubuk, kaldu daging, garam serta gula pasir di tuang dan aduk rata. Masak terus hingga meletup letup. Apabila sudah angkat.
  6. Potong rolade yang sudah jadi secantik mungkin kemudian sajikan dengan saus dan pelengkap agar lebih mantap.
Tampilan yang begitu istimewa seperti itu menjadi daya tarik tersendiri. Kini weekend dirumah jadi lebih menyenangkan dengan masakan kreasi sendiri. Silakan anda juga bisa mencobanya. Oke sekian dulu resep rolade daging ini semoga bisa bermanfaat bagi semua...