Resep Cara Membuat Serundeng Daging Kelapa - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Serundeng Daging Kelapa

Lebih lengkap makan siang dengan serundeng daging...

Kalo makan siang begitu-begitu saja saatnya melirik serundeng daging. Serundeng yang di olah dengan campuran daging ini bisa di andalkan. Menambah dan melengkapi makan siang anda yang lebih berkesan. Kami rasa anda belum mencoba makan siang dengan yang satu ini. Sesekali bisa anda biasakan atau setidaknya mencobanya. Dan kami yakin anda pasti tertarik..

Selain sedap serundeng daging juga praktis bisa di jadikan bekal. Tidak mudah basi atau lebih tahan lama sehingga bisa jadi pilihan cerdas. Anda cukup membawanya dalam wadah yang bersih kemudian di tutup rapat agar tetap gurih. Salah satu hal yang membuat unik dari serundeng daging ini adalah campuran yang menggunakan daging.

serundeng daging, resep serundeng daging, cara membuat serundeng daging

Jadi apabila anda mempunyai daging yang lumayan banyak bisa di olah menjadi serundeng. Kalo olahan yang biasa sering di lirik namun ini masih jarang. Serundeng daging di buat dengan perpaduan bumbu yang sempurna sehingga rasanya lebih gurih.

Apabila anda tertarik dengan resep serundeng daging anda bisa mencobanya juga. Siapa tahu nanti bisa buat bekal dan teman makan siang yang lebih nikmat. Tidak terlalu sulit untuk mendapatkan serundeng daging yang gurih. Cukup dengan resep yang kami sajikan ini anda sudah bisa. Untuk itu simak resep dan cara membuat serundeng daging berikut ini..

Resep Serundeng Daging

Bahan Ukuran
Daging gandik 300 gram
Air untuk merebus 1.000 ml
Daun salam 2 lembar
Daun jeruk dibuang tulangnya kemudian diiris halus 5 lembar
Jahe yang dimemarkan 2 cm
Daun kunyit dipotong-potong 1 lembar
Asam jawa 1 sendok teh
Air untuk melarutkan asam jawa 3 sendok makan
Santan dari 1 butir kelapa 300 ml
Kelapa parut kasar 200 gram
Bumbu Halus
Bahan Ukuran
Cabai merah keriting 5 buah
Bawang putih 3 siung
Bawang merah 10 butir
Serai ambil putihnya 2 batang
Lengkuas 2 cm
Jintan 1/2 sendok teh
Jahe 1 cm
Ketumbar 1 sendok makan
Garam 2 sendok teh
Gula merah sisir 1 sendok makan

Cara Membuat Serundeng Daging

  1. Hidupkan apinya untuk merebus daging yang di campur dengan air, daun salam, serta jahe hingga empuk. Setelah itu angkat daging kemudian di potong-potong menjadi beberapa bagian. Pemotongannya alangkah lebih baik di potong searah serat agar lebih mudah.
  2. Daging di suwir-suwir kecil memanjang dan tipis-tipis saja.
  3. Setelah di dapatkan daging suwiran. Daging tersebut di campur dengan bumbu halus, air asam, daun jeruk serta daun kunyit. Remas-remas hingga beberapa saat sampai terbalut dengan rata. Diamkan dulu kurang lebih setengah jam.
  4. Berikutnya pindahkan pada wajan tambahkan santan dan masak. Proses pemasakan ini baiknya menggunakan api kecil hingga bumbu benar-benar meresap dalam daging.
  5. Kelapa parut kasar kemudian di masukkan. Kemudian aduk hingga terlihat kering. Angkat dan siap untuk disajikan.

Setelah jadi anda bisa sajikan bersama keluarga tercinta. Kami rasa serundeng ini akan banyak disukai. Sajian yang begitu menggoda membuat selera menjadi meningkat. Bisa di buat makan dalam jangka lebih lama. Apabila sisa bisa di simpan kemudian di panaskan apabila ingin makan kembali. Sekian tips kali ini semoga menjadi inspirasi sajian dapur resep nusantara. Good luck...