Resep Kerupuk Bawang: Cara Membuat Kerupuk Bawang Hingga Keriuk-Keriuk - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Kerupuk Bawang: Cara Membuat Kerupuk Bawang Hingga Keriuk-Keriuk

Resep Kerupuk Bawang: Cara Mudah Memanfaatkan Nasi Sisa Buat Kerupuk

Ibu-ibu di rumah tentunya pernah mengalami kelebihan nasi. Mungkin setelah ada acara ternyata nasi dirumah lebih banyak tidak kemakan. Kalau nasi dibiarkan begitu saja maka akan basi kalaupun di taruh di magicom walaupun awet lama-lama juga tidak enak.

Tentu kalau di biarkan begitu saja akan mubadzir. mungkin solusi lainnya di buat pakan ternak seperti ayam atau bisa juga di buat trengginang. Kalau anda menjumpai kejadian seperti itu coba di buat kerupuk bawang.

resep kerupuk bawang

Pasti anda jarang coba kan, nah untuk itu sekarang boleh di coba. tidak perlu menunggu nasi sampai lebih anda bisa alokasikan sekarang untuk membuat kerupuk bawang dirumah. kerupuk bawang menurut saya adalah cara mudah untuk membuat kerupuk karena bahan utamanya memanfaatkan nasi. Selain itu, rasanya juga tidak kalah dengan kerupuk-kerupuk di pasaran. pasti enak, coba deh!!.

Bisa dibilang bahan-bahan yang digunakan sangat sederhana namun, jangan khawatirkan soal rasanya saya yakin anda dan keluarga pasti doyan. hehe.. Apalagi kerupuk bawang yang anda buat hasil kreasi sendiri pasti bangga dan senang rasanya.

Kerupuk bawang yang akan dibuat kali ini akan di kreasikan dengan seledri sehingga tambah mantap aromanya. Dan perlu di ingat resep kerupuk bawang ini tidak menggunakan bleng atau borak jadi terjamin kualitasnya. Untuk itu, tidak perlu menunggu lama lagi simak resep kerupuk bawang berikut ini.

Resep Kerupuk Bawang

Bahan Ukuran
Nasi 5 piring
Tepung kanji 500 gram
Bawang daun 5 batang
Daun seledri 3 batang
Bawang putih 8 biji
Merica biji 1/2 sendok teh
Garam 1 sendok teh
Penyedap/masako 1 sendok teh

Cara Membuat Kerupuk Bawang

  1. Pertama nasi yang sudah kita siapkan di atas akan di kukus kurang lebih 1/4 jam.
  2. Sambil mengkukus nasi anda bisa juga iris 1 cm bawang daun dan seledri.
  3. Siapkan cowek untuk menghaluskan merica, bawang putih dan garam hingga halus.
  4. Setelah nasi di kukus kemudian masukan nasi kedalam mangkuk besar/baskom, masukan juga bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Kemudian tumbuk hingga lembut.
  5. Setelah halus dan hangat, Anda bisa memasukan tepung kanji sedikit demi sedikit sambil diaduk atau diuleni pakai menggunakan tangan. Selanjutnya masukkan bawang daun dan seledri dan uleni lagi.
  6. Adonan yang sudah jadi kemudian di bentuk dengan cara membagi menjadi 4 adonan lalu guling-gulingkan memanjang diatas talenan/alas yang sudah di taburi tepung kanji sebelumnya.
  7. Tahap berikutnya kukus kurang lebih hingga setengah jam. Setelah adonan dingin, kemudian masukan ke dalam kulkas dan biarkan 1 malam.
  8. Setelah di taruh di kulkas berikutnya iris tipis-tipis letakkan pada tempeh lalu jemur. Setelah kering kerupuk siap untuk di goreng.

Untuk menggoreng kerupuk bawang usahakan apinya menggunakan api sedang. Tujuannya agar kerupuk tidak mudah gosong sehingga matang sempurna. Goreng dengan minyak secukupnya apabila dirasa sudah matang angkat dan tiriskan agar minyaknya turun.

Setelah agak dingin anda bisa tempatkan pada toples yang tertutup rapat sehingga tidak mudah mlempem dan tahan lama. Kerupuk bawang siap untuk dihidangkan cocok sekali untuk teman maka atau dikala santai nyemil kerupuk bawang. Saya rasa cukup sekian dan tentunya resep di atas sudah sangat jelas sekali dan mudah sehingga anda bisa mencoba dirumah. Terima kasih. Anda bisa juga membuat kerupuk yang tidak kalah enaknya seperti..

resep kerupuk ikan