Resep Cara Membuat Sambal Goreng Kentang Pedas Gurih - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Sambal Goreng Kentang Pedas Gurih

Resep sambal goreng kentang, resep pilihan bagi anda yang ingin berkreasi dengan sambal. Resep ini sangat cocok bagi anda yang ingin berkreasi dengan sambal yang dipadukan dengan kentang.

Agar resep sambal anda lebih bervariasi, anda perlu mencoba sambal goreng kentang. tak lengkap rasanya sajian tanpa sambal goreng, seperti ada yang kurang serta rasanya kurang nampol. Apalagi, anda dan keluarga anda tergolong orang yang memang suka banget dengan sambal. tentu itu tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Resep Cara Membuat Sambal Goreng Kentang Pedas Gurih
Resep Cara Membuat Sambal Goreng Kentang Pedas Gurih

Untuk itu, anda perlu sering-sering menyajikan sambal sebagai sajian pelengkap. Sambal ini sangat cocok untuk dimakan dengan nasi putih, ketupat dan lontong.

Sebenarnya resep sambal goreng kentang ini bisa dikombinasikan dengan berbagai sayuran, daging, udang dan lain-lain kalau anda mau. Sebagai contoh sambal goreng ati ampela, sapi, udang, telur puyuh dan banyak lagi kombinasinya.

dan saya, tidak akan membahas itu, sebagai kombinasinya saya menggunakan wortel dan buncis saja pada kesempatan kali ini. Untuk itu, anda bisa mengikuti bagaimana lengkapnya resep cara membuat sambal goreng kentang yang begitu menggugah selera sehingga menu makan anda menjadi lengkap dan lahap.

Siapkan dulu bumbu serta bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sambal goreng kentang seperti di bawah ini:

Resep Sambal Goreng Kentang

Bahan Ukuran
Kentang di potong kotak-kotak kemudian di goreng 350 gram
Wortel di potong kotak juga 100 gram
Buncis di potong 1 cm-an 100 gram
Daun salam 2 lembar
Lengkuas dimemarkan 2 cm
Garam 1 sendok teh
Gula pasir 1 1/4 sendok teh
Air asam dari 1 sendok teh asam jawa dan 1 sendok makan air 1 sendok teh
Santan dari 1/4 butir kelapa 300 ml
Minyak untuk menumis 2 sendok makan

Bumbu Halus:

Bahan Ukuran
Bawang merah 8 butir
Bawang putih 3 siung
Cabai merah besar 5 buah
Kemiri disangrai 4 butir
Kunyit dibakar 1 cm
Terasi dibakar 1/2 sendok teh

Cara Membuat Sambal Goreng Kentang

  1. Siap kita mulai dengan memanaskan minya terlebih dahulu untuk menumis bumbu yang sudah dihaluskan di atas, kemudian tambahkan daun salam dan lengkuas. Tumis hingga wanginya harum.
  2. Setelah harum, anda bisa memasukkan kentang dan wortelnya. Aduk-aduk hingga merata dan jangan lupa untuk memasukkan santan. Perhatikan apinya gunakan api kecil. Sambil diaduk tambahkan buncis. Aduk kembali hingga mendidih.
  3. Anda bisa menambahkan garam, air asam dan gula untuk rasanya. Aduk hingga matang dan meresap kemudian coba cicipi apabila sudah pas dan matang matikan apinya.

Resep sambal goreng kentang yang sudah kita buat tadi sudah matang. Saatnya menikmati, ambil nasi putih kemudian coba makan dengan sambal kentang ini.

Bagaimana? sudah pasti anda tidak bisa menolaknya. Anda terlihat begitu lahap. Penggunaan santan pada sambal goreng kentang ini memberikan rasa gurih.

Sudah pasti, anda yang belum mencoba rugi banget kalo tidak di coba. Sambil baca, coba lihat juga resep sambal lainnya seperti :